Abaya Adalah busana wanita muslim berbentuk seperti jubah lengan panjang yang biasa dipakai oleh wanita di Arab Saudi. Abaya pada awalnya hanya berwarna hitam polos, tidak memiliki banyak corak dan sekarang di buat dalam banyak warna seperti saat ini yang lebih modern. Abaya tidak diketahui secara pasti kapan pertama kali diluncurkan, beberapa pendapat mengatakan kalau busana sopan itu sudah ada selama 4 ribu tahun lalu dan hanya digunakan oleh wanita muslim untuk menutupi lekuk tubuh mereka.

Abaya dan tambahan jilbab atau burqa dipakai oleh wanita Arab untuk melindungi mereka dari pandangan pria yang mungkin bisa berbuat jahat. Kini abaya dan jilbab tidak lagi sebagai pelindung tapi juga pelengkap fashion. Abaya diberikan sentuhan yang semakin modern dalam beragam warna dan bentuk. Bahkan menurut berbagai sumber, busana tradisional Indonesia dan Malaysia yaitu kebaya diambil dari kata abaya. Meskipun busana tradisional Indonesia berupa kebaya tapi abaya juga diminati oleh wanita muslim di Indonesia yang mayoritas beragama Islam.

Modelnya yang lurus dan longgar membuat busana tampak praktis untuk dipakai dalam keseharian. Abaya dan gamis memiliki model serupa yaitu busana muslim lengan panjang yang longgar hingga mata kaki. Namun banyak abaya di anggap lebih modern karena kini sudah di modifikasi. Sedangkan gamis cenderung polos, berpotongan lurus, dan tidak memiliki banyak warna.

Berbeda dengan abaya yang sekarang memiliki beragam model mulai dari layer, bertumpuk, serta diberikan sentuhan glamour seperti kristal Swarovski ataupun lapisan benang emas. Abaya yang dijual di Indonesia pun lebih banyak bernuansa terang, penuh detail, serta permainan potongan yang bermacam-macam. Tren busana muslim dua tahun belakangan juga didominasi oleh abaya karena pergeseran gaya dari heboh menjadi lebih simpel.

Selain itu desain cutting abaya lebih ramping, A-Line atau Umbrella Line. Warna spesialis abaya adalah hitam, bahan yang digunakan juga bahan khusus untuk abaya, seperti Jet Black, Super Black atau bahan lain yang sejenis. Abaya identik dengan warna hitam, tidak ada warna lain. Aplikasinya beragam renda, bordir bahan, tergantung desain model yang ada.


Abaya erat kaitannya dengan busana umat muslim. Itulah alasan mengapa abaya tradisional dibuat dalam warna hitam, namun sekarang abaya pun banyak pilihan warnanya. Abaya dulunya di buat tanpa payet, tanpa bordir, tanpa motif. Abaya umumnya bersiluet lurus, biasanya berpotongan pada pinggang, dan mirip seperti gamis.


Palet hitam abaya yang minimalis ibarat kanvas putih bagi para desainer di masa kini yang mulai bermain dengan siluetnya. Itulah mengapa abaya kini tampil lebih cantik berhias tatanan payet dan bordir. Namun tetap dengan cirinya berpotongan lurus, melebar, longgar dan modelnya lebih sederhana. Beberapa desainer juga menambahkan hoodie atau penutup kepala dan juga beberapa aplikasi cape sebagai aksen.


Berbeda dengan kaftan yang merupakan variasi dari jenis tunik. Busana bergaya timur tengah ini umumnya tampil lebih berwarna dan glamour lewat payet atau bordir di bagian dada atau pinggang dan juga garis tangan. Potongan kaftan pada dasarnya berbentuk kotak, namun kini semakin banyak variasinya.
Selain berbentuk kotak, ada pula yang tampil dengan efek kerut atau draperi dan memberi siluet pada pinggang sebagai opsi masa kini. Biasanya dibuat dengan bahan ringan seperti silk, sifon atau katun, dan bagian lengan melebar.

Ameera Style “Pusat Baju Gamis Di Indonesia”

Muslim Fashion Untuk Menemani Hijrahmu!

MENU

WhatsApp WhatsApp Kami